UGR Apresiasi Keberhasilan Kades Dasan Lekong Kelola Bank Sampah

UGR Apresiasi Keberhasilan Kades Dasan Lekong Kelola Bank Sampah

LOMBOKita – Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam Rinjani Universitas Gunung rinjani XVIII (GEMPAR UGR) Lombok Timur merayakan ulang tahun dirangkai seminar pengelolaan sampah. Kegiatan difasilitasi Dinas Lingkungan Hidup Lombok Timur.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Dasan Lekong Lalu M. Rajabul Akbar yang telah memprogramkan Bank sampah di Desa Dasan Lekong mendapat apresiasi dari Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Gunung Rinjani, Eko Prihartono saat membuka acara,

“Ini luar biasa jika berhasil direalisasikan, bukan hanya mampu mengkonsumsi materi,” ujarnya.

Selain itu, Presiden Mahasiswa Universitas Gunung Rinjani, Yudha Milia Sandi juga mengatakan akan tetap berusaha bersinergi dengan Pecinta Alam dalam berprogram ataupun dalam hal lain untuk kemajuan universitas.

Sementara ‎ratusan peserta seminar yang hadir dari berbagai organisasi, baik organisasi pecinta alam, organisasi mahasiswa ataupun Organisasi kepemudaan yang ada di Lombok Timur terlihat sangat antusias saat  seminar berlangsung,

Kades Dasan Lekong, Lalu Rajabul Akbar dalam materinya banyak memaparkan bagaimana kiat-kiat pengelolaan sampah yang ada di desa, bagaimana membebaskan kawasan desa dari sampah, dan bagaimana membuat sampah menjadi rupiah dengan mencoba menginisiasi berdirinya bank sampah.

Begitu juga  tentang program pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat tentang Zero waste yang akan digelar 2020 mendatang. Oleh karena it,u satu desa satu Bank Sampah adalah langkah awal untuk membantu PemProv NTB menjalankan visinya.

“Mudah diucapkan, namun sulit dipraktikkan. Kalau tidak ada komitmen dan ketekunan dalam menjalankan program ini, sedangkan Desa Dasan Lekong berhasil karena semua peduli dan memiliki komitmen bersama,” tandasnya.

Dalam sesi tanya jawab, banyak peserta dari beragam organisasi menanyakan bagaimana memulai, kiat kiat pembentukan dan dan apa yang dibutuhkan. Pertanyaan itu dijawab dengan santai oleh Kepala Desa Dasan Lekong cukup sederhana yaitu Mampu, Mau dan ada waktu, paparnya mengahiri seminar.

sumber: http://lombokita.com/ugr-apresiasi-keberhasilan-kades-dasan-lekong-kelola-bank-sampah/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *